Selasa, 24 Agustus 2010

tulisan Rayina Dharmaputra

Assalamualaikum,wr.wb

Kepada bapak presiden RI SusiloBambang Yudhoyono.Melalui surat ini saya ingin menyampaikan harapan-harapansaya.Saya bangga memiliki presiden seperti bapak.Saya tau menjadi seorangpresiden merupakan tugas yang berat sekaligus menyenangkan.Bapak harus memimpinnegara dan penduduknya.Apalagi Indonesia memiliki jumlah penduduk yang saaangatbanyak.Kerepotan pasti ada,bapak pun terkadang terlihat sangat kelelahan.Setiaporang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.Tak ada manusiayang sempurna.Karena itu,bapak pastilah juga memilikikekurangan.Kritikan,pendapat,dan reaksi yang diberikan masyarakat terhadapsebuah kebijakan menemani kesibukan bapak setiap hari.Tetapi jika semuanyadilakukan dengan senang hati dan ikhlas,tentu saja semua itu adalah hal-halyang menyenangkan dan tidak melelahkan.

Harapan saya kedepan adalah yang pertama yaitu,Indonesia bisamenjadi negara yang bersih dan hijau.Sebenarnya hal ini tidak terlalu sulitdiwujudkan asalkan seluruh masyarakatnya mau saling membantu dalammewujudkannya.Indonesia merupakan negara beriklim tropis.Tanaman apapun bisaditanam di sini.Hanya saja pengelolaannya masih kurang baik,hanya masyarakatdesa saja yang masih senang bercocok tanam.Padahal jika di setiap rumah minimalmenanam 3 pohon pastilah lingkungannya akan terlihat lebih asri.Indonesia punakan di cap menjadi negeri yang hijau.Sayangnya kalau melihat sekarang,banyakhutan yang ditebang untuk kepentingan manusia semata.Membuang sampah padatempatnya sebenarnya merupakan pekerjaan yang tidak membutuhkan tenaga danpikiran.Hanya saja dalam urusan niat untuk menciptakan kebersihannya kurangada.Apa sih sulitnya membuang sampah pada tempatnya sehingga harus membuangnyasembarangan?Kadang-kadang saya sering bertanya-tanya seperti itu.Tampaknyadibutuhkan sanksi yang lebih tegas untuk mengatur masyarakat yang sudah sepertiini agar bisa jera. Memang sulit sekali jika harus mengatur semua teman-temansaya agar membuang sampah pada tempatnya,maka dari itu mulailah dari diri kitasendiri.Saya memulai dari diri saya sendiri,dengan cara membuang sampah padatempatnya,dengan harapan agar teman-teman saya yang biasa melihat saya sepertiitu jadi mengikuti kebiasaan saya tersebut.Niat memang sudah menjadi faktorutama,faktor yang kedua yaitu pendidikan sejak dini.Saya pernah melihat seorangibu sedang membawa anaknya yang berumur sekita 3 tahun jalan-jalan.Lalu sangibu membuang sampah sembarangan lantas hal itu diikuti anaknya yang jugamembawa bungkus bekas makanan.Si ibu tidak menegurnya malahan terus sajaberjalan.Sedih sekali saya melihatnya.

Harapan saya yang kedua yaitu,Indonesia menjadi negara yang memiliki peraturan dan sanksi yangtegas.Peraturan yang bagus tidak lengkap tanpa pengawasan yang baguspula.Peraturan yang diterapkan sekarang memang sudahbagus-bagus,contohnya:Peraturan yang melarang perokok untuk merokok di tempatumum,peraturan yang menerapkan kita untuk menyebrang di zebra cross ataujembatan penyebrangan,dll.Tapi sayangnya pemerintah kurang disiplin dalammenjalankan peraturan tersebut.Masih saja ada orang yang membuang sampahsembarangan,menyebrang bukan pada tempatnya,merokok bukan pada tempatnya,tidakmenggunakan helm atau sabuk pengaman saat menaiki kendaraan,dll.Tidak ada tindakanyang tegas dari aparat penegak hukum.Sehingga orang tidak takut untuk melanggarperaturan.Saya yakin,apabila Peraturan yang ada dipatuhi dengan baik,pastilahIndonesia akan menjadi negara yang tertib dan teratur.Harapan saya yang terakhiradalah kita bisa memperkenalkan lebih banyak budaya tradisional Indonesiakepada seluruh dunia.

Semoga harapan-harapan saya inidapat menjadi masukan yang baik dan bisa menjadikan Indonesia lebih maju.Terimakasih atas kesediaan bapak untuk membaca surat saya.Maaf yang sebesar-besarnyaapabila ada kata-kata yang kurang berkenan.



Wassalamualaikum.wr.wb

Hormat saya

Rayina T.D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar